Bisa Jadi Referensi, Cek 10 Desain Rumah Paling Sering Digunakan di Indonesia!

Memiliki hunian sendiri tentu merupakan salah satu dambaan setiap orang. Selain itu memiliki rumah juga merupakan sebuah investasi yang cukup besar, dan tentu Anda ingin memastikan rumah tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda buka? Saat ini, ada banyak sekali desain rumah yang bisa digunakan, sehingga membuat Anda bingung menentukan jenis desain yang sesuai dengan preferensi Anda.

Seiring berkembangnya zaman, ternyata bukan teknologi saja yang mengalami kemajuan, desain rumah juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Banyak arsitek baru yang menciptakan ide desain rumah yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Namun, berdasarkan data dan survei, terdapat beberapa desain rumah yang paling hits dan banyak digunakan di Indonesia. Desain-desain ini diminati karena menawarkan fungsionalitas, estetika, dan kenyamanan yang sesuai dengan gaya hidup masyarakat Indonesia.

 

Baca Juga : 4 Apartemen Mewah di Tangerang Selatan Dengan Harga Terbaik!

Berikut 10 Desain Rumah Paling Hits di Indonesia

 

Rumah Kontemporer

Desain rumah  kontemporer selalu mengikuti tren terbaru dan menggabungkan elemen modern dengan fungsionalitas. Desain ini biasanya menggunakan garis-garis yang tegas, warna-warna netral, dengan menggunakan material seperti beton, baja, dan kaca. 

Cocok untuk Anda yang menyukai gaya hidup minimalis dan praktis. Salah satu yang membuat desain rumah kontemporer sering digunakan di Indonesia karena didesain menggunakan jendela besar, sehingga cocok digunakan pada area yang memiliki iklim tropis. 

 

Rumah Industrial

Desain industrial terinspirasi dari bangunan pabrik dan gudang tua. Desain ini biasanya menggunakan material bangunan pada umumnya, namun tetap mengedepankan kualitas dan ketahanan mulai dari  bata ekspos, kayu, hingga penggunaan material logam. Cocok untuk Anda yang menyukai gaya yang unik dan edgy.

Rumah industrial bisa dengan mudah Anda temukan di perumahan Sawangan depok. Hunian karya hasil developer properti ternama Alam Sutera Homes ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap, lingkungan hijau untuk meningkatkan kenyamanan bagi para penghuni.

 

Baca Juga : 16 Inspirasi Desain Rumah Estetik yang Lagi Trend Saat Ini!

 

Rumah Tropical

Desain tropical dirancang untuk memaksimalkan aliran udara dan cahaya alami. Desain ini biasanya menggunakan material seperti kayu, bambu, dan batu alam. Cocok untuk Anda yang ingin menikmati hidup dengan suasana alam yang tenang.

Sebagai informasi, Indonesia merupakan negara tropis yang notabenenya memiliki temperatur udara yang cukup panas. Seperti yang disebutkan sebelumnya, desain rumah tropical itu mengusung konsep alam, jadi cocok banget untuk menetralisir sumber panas dari luar. 

 

Rumah Mediterania

Desain mediterania terinspirasi dari rumah-rumah di negara-negara Mediterania seperti Spanyol, Yunani, dan Italia. Desain ini biasanya menggunakan warna-warna cerah, motif terakota, dan elemen seperti lengkungan dan balkon. Cocok untuk Anda yang ingin menciptakan suasana yang hangat dan ceria. Sebenarnya desain rumah mediterania ini hampir mirip dengan desain rumah eropa modern, yang ada di Alam Sutera Homes, namun desain rumah mediterania masih tetap mengedepankan desain klasik.

Desain rumah mediterania umumnya memiliki jendela dan pintu yang cukup lebar, serta penggunaan teras atau balkon yang luas. Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara didalam ruangan tetap terjaga dengan baik, sehingga rumah terasa sejuk dan nyaman meskipun tanpa AC, cocok untuk iklim tropis seperti yang ada di Indonesia.

 

Baca Juga : Tren Properti di Tahun 2024: Hunian yang Sehat, Aman dan Ramah Lingkungan

 

Rumah Minimalis

Sesuai dengan namanya, desain rumah minimalis lebih fokus pada konsep kesederhanaan yang fungsional. Desain ini biasanya menggunakan sedikit dekorasi dan furniture, simplenya lebih memaksimalkan ruangan yang tersedia, sehingga cocok untuk Anda yang menyukai gaya hidup yang rapi dan teratur.

Desain minimalis memaksimalkan penggunaan ruang yang tersedia dengan tata letak furniture yang efisien. Hal ini sangat ideal untuk rumah yang memiliki lahan terbatas, seperti yang ada di daerah perkotaan di Indonesia.

 

Rumah Scandinavian

Desain Scandinavian terinspirasi dari negara-negara Skandinavia seperti Swedia, Norwegia, dan Denmark. Desain ini biasanya menggunakan warna-warna netral, kayu alami, dan pencahayaan yang hangat. Cocok untuk Anda yang ingin menciptakan suasana yang nyaman dan tenang.

Furniture yang digunakan dalam rumah Scandinavian biasanya memiliki fungsi yang jelas dan tidak berlebihan. Hal ini memungkinkan ruangan untuk terlihat lebih lapang dan minimalis.

 

Baca Juga : Jakarta Premium Outlets Akan Segera Hadir di Alam Sutera

 

Rumah Farmhouse

Jika Anda perhatikan, desain rumah Farmhouse sebenarnya terinspirasi dari rumah-rumah pedesaan yang ada di Amerika Serikat. Desain ini biasanya lebih fokus pada penggunaan warna cat yang netral seperti putih, penggunaan material alami seperti kayu hingga batu alam.

Interior rumah farmhouse biasanya didominasi oleh suasana yang hangat dan nyaman. Dinding berwarna putih atau krem ​​sering digunakan untuk menciptakan kesan lapang, dipadukan dengan aksen kayu yang memberikan sentuhan pedesaan. Furniture bergaya vintage atau antik, serta dekorasi bernuansa pedesaan seperti tanaman hias dan kain tenun, semakin memperkuat suasana pedesaan yang tenang dan damai.

 

Rumah Japandi

Desain Japandi merupakan perpaduan antara gaya Jepang dan Skandinavia. Desain ini biasanya menggunakan warna-warna netral, penggunaan material kayu alami, dan elemen seperti tatami dan shoji. 

Salah satu hal yang membuat desain rumah Japandi sering digunakan di Indonesia adalah karena memiliki ventilasi alami yang baik dengan bukaan pada beberapa sisi rumah. Hal ini membantu sirkulasi udara dan menjaga kesejukan rumah, especially penting untuk iklim tropis dan lembab seperti yang ada di Indonesia.

 

Baca Juga : Upaya Aeon Store Terbaru di Alam Sutera Menunjukkan Komitmen Lingkungan

 

Rumah Vintage

Desain vintage menggunakan elemen-elemen dari desain rumah jaman dulu. Desain rumah Vintage mengusung konsep rumah masa lalu terutara di era 50 an hingga 70an.  Anda yang suka dengan suasana klasik, suasana desain vintage bisa membawa Anda kembali mengenang masa-masa tersebut.

Meskipun mengusung konsep rumah jaman dulu, desain rumah vintage ternyata masih sering digunakan di Indonesia lho, banyak arsitek yang berhasil mengkombinasikan gaya rumah klasik ini dengan sentuhan modern. Jadi desain ini rekomended banget buat Anda yang ingin membangu hunian baru.

 

Rumah Bohemian

Selain desain rumah vintage, desain rumah bohemian juga mengusung konsep hunian dari berbagai negara di masa lampau. Ciri khas rumah bohemian bisa Anda peratikan dari penggunaan benda-benda antik, motif tribal dan tekstil tradisional yang dapat memperkaya estetika pada ruangan rumah tersebut.

Jika Anda tertarik dengan rumah bohemian, Anda bisa menggunakan kombinasi warna-warna cerah pada dinding rumah, gunakan furniture antik agar kesan klasik pada rumah bohemian Anda tetap terlihat.

Nah, itulah 10 desain rumah yang masih sering digunakan di Indonesia, kira-kira desain mana yang paling sering Anda temui? Sebenarnya salah satu faktor penunjang bangunan atau hunian Anda memiliki ketahanan yang baik, pemilihan material yang berkualitas sangat penting untuk dipertimbangkan. 

 

Baca Juga : Rekam Jejak Alam Sutera Realty, Developer Perumahan Nykka

Agar Tidak Salah, Begini Tips Merencanakan Desain Rumah

 

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Langkah yang paling krusial sebelum menentukan desain rumah adalah menyesuaikan kebutuhan dan anggaran Anda. Misalnya, berapa jumlah anggota keluarga, aktivitas apa yang sering dilakukan dirumah, kemudian berapa budget yang Anda sediakan saat ini untuk membangun rumah? Nah, dari sini akan kelihatan, seperti apa rencana desain rumah yang sesuai dengan Anda.

 

Cari Inspirasi Sebanyak Mungkin

Jika Anda masih kurang paham mengenai desain rumah, langkah selanjutnya adalah mencari inspirasi di berbagai media, baik itu online maupun offline misalnya di majalah, internet atau bahkan rumah tetangga. Perhatikan bagian mana yang paling Anda sukai, apakah dari arsitekturnya, tata letak ruangannya, pemilihan warna hingga dekorasi yang digunakan.

 

Baca Juga : 5 Restoran All You Can Eat Terbaik di Tangerang Raya, Bikin Kamu Nagih Terus!

 

Pilih Desain yang Sesuai Dengan Gaya Anda

Setelah mendapatkan banyak inspirasi, tentukan gaya desain yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Apakah Anda menyukai gaya minimalis yang modern, klasik yang elegan, atau desain rumah yang mengusung konsep lingkungan hijau? Setiap gaya memiliki karakteristik dan keunikannya sendiri.

 

Manfaatkan Sketsa dan Denah

Nah cara berikutnya tergolong lebih simple, cobalah membuat sketsa denah rumah yang Anda inginkan. Gambarkan ruangan-ruangan yang ingin Anda miliki, seperti kamar tidur, ruang tamu, dapur hingga kamar mandi. Perhatikan juga berapa ukuran dan proporsi ruangan agar sesuai dengan kebutuhan.

 

Baca Juga : 4 Inspirasi Model Pagar Rumah Terbaru, Buat Hunian Lebih Cantik

 

Pilih Material dan Furniture yang Sesuai

Pilihlah material dan furniture yang sesuai dengan gaya desain dan budget yang Anda siapkan. Pertimbangkan juga aspek fungsionalitas dan perawatannya dikemudian hari. Pastikan material dan furniture tersebut aman dan berkualitas tinggi. Hal ini bertujuan untuk menjaga rumah Anda agar lebih tahan lama.

 

Libatkan Profesional

Jika Anda kesulitan untuk merencanakan desain rumah, jangan ragu untuk melibatkan profesional seperti arsitek atau desain interior. Melibatkan profesional yang ahli dibidang properti bisa membantu Anda mewujudkan rumah impian yang sesuai dengan preferensi Anda.

Seperti yang Anda perhatikan, membangun rumah adalah proses yang membutuhkan waktu dan kesabaran. Agar hasilnya lebih maksimal jangan ragu untuk konsultasi dengan orang-orang yang berpengalaman. Dengan perencanaan yang matang dan eksekusi yang tepat, Anda dapat mewujudkan hunian yang sesuai dengan impian Anda.

Oh iya, buat Anda yang ingin berencana memiliki rumah dengan desain yang menarik dan modern, cluster perumahan Alam Sutera bisa menjadi pilihan terbaik. Ada 3 cluster perumahan yang bisa Anda miliki, mulai dari The Gramercy, Nykka Sutera Narada Alam Sutera hingga Cluster Perumahan Sawangan Depok.

Masing-masing cluster memiliki desain yang berbeda, namun tetap mengedepankan konsep lingkungan hijau, untuk meningkatkan kenyamanan bagi penghuni. Untuk informasi mengenai harga, stok rumah bisa langsung konsultasikan melalui nomor telepon atau email Alamsuterahomes. Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *